Tips Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Kamis, 26 November 2015

Sejarah dan Asal Usul Anggrek

Sejarah dan Asal Usul Anggrek - Adakah di antara kalian yang tidak menyukai anggrek atau bahkan tidak mengenal  anggrek ? Subhanallah tanaman anggrek merupakan tanaman yang sangat cantik karena memiliki bunga dengan bentuk dam warna yang sangat beragam di bumi, tanaman anggrek telah ada sejak 120 juta tahun yang lalu. Walaupun sudah berumur sangat tua,tanam ini  mampu beradaptasi sehingga masih bertahan sampai sekarang,meskipun banyak hewan dan tumbuhan yang telah punah.anggrek dapat di temui di seluruh bagian bumi,baik di daerah yang beriklim tropis maupun yg beriklim  subtropis [sedang], kecuali benua antartika.anggrek di daerah iklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beruahan terhadap musin dingin.namun,anggrek paling banyak di temukan di daerah tropis atau daerah di sekitar garis khatulistiwa, di tempat matahari bersinar sepanjang tahun dan suhu serta kelembaban udaranya rata-rata sama.musim di daerah tropis hanya ada dua, yaitu musim kemarau dan musim hujan. 

Asal usul Anggrek ( orchid )

Kata orchid berasal dari kata yunani ”orchis” yang berarti testis (alat reproduksi pada pria ) hal ini merunjuk pada bentuk bulb yang di miliki oleh jenis anggrek tertentu . kata orchis pertama kali digunakan oleh theopratus ( 371-287 SM ), seorang ilmuan yunani kuno yang di nobatkan sebagai bapak botani [ahli tanaman] dalam bukunya De Historia Plantarum atu sejarah tanaman.
      
Anggrek termasuk dalam keluarga anggrek-anggrekan ( famii orchidaceae ) keluarga tanaman ini terdiri atas sekittar 800 genus ( marga ) genus merupakan pengelompokan mahluk hidup dari jenis yang terdekat, tetapi berada satu sama lain. Di dunia, dari 800 genus, anggrek terbagi hingga menjadi 35 ribu spesies anggrek .jumlah itu tertentu akan terus bertambah seiring di temukan nya jenis-jenis anggrek yang baru. Jumlah jenis itu hanya jumlah jenis anggrek yang ada di alam. Selain itu anggrek juag dapat di silangkan [dikawinkan antar varietas atau antar jenis] yadi sebut anggrek hibrida jadi jika di jumlahkan,jenis anggrek alam dan jenis anggrek hibrida di bumi ini sangat banyak,bukan? 

Perkembangan Angrek di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati yang di miliki indonesia adalah anggrek.indonesia merupakan negara yang kaya akan jenis anggrek nya. Menyebut nama satu persatu jenis anggrek asli.
                                                                                         
Indonesia bakal membuat kita geleng gelengkan kepala .siapa yang tidak kenal anggrek bulan,puspa nasional kita yang aggun atu anggrek hitam yang khas dari sulawesi? belum lagi jenis-jenis dendrobium dan anggrek tanah yang bertebaran di hutan belantara kita.yang ada adalah kekaguman akan keindahan dan kecantikan nya. 

Di dalam indonesia,anggrek banyak di temukan di hutan belantara, menurut catatan ,di hutan belantara indonesia terdapat 5.000 jenis anggrek.anggrek-anggrek itu tersebar di hutan kalimantan ,papua,sulawesi,sumatra,dan pulau lainnya.jenis dan bentuk anggrek saja yang telah di budi dayakan.

Anggrek asli indonesia
  1. Anggrek bulan.
  2. Anggrek hitam.
  3. Adendrobium

Syarat Tumbuh Anggrek

Anggrek dapat di temukan di daerah tropis sampai subtropis dari ketinggian mol meter di atas permukaan laut sampai 4.000 meter  atas pemukaan laut [daerah pegunungan],tetapi paling banyak di temukan di daerah tropis .aggrek dapat tumbuh di tanah [humus hutan,sampah,tanah,rawa, dan pasir].sebagian lagi tumbuh menempel di pepohonan ,batu,atau akar tumbuhan lain.

Di alam, anggrek bertahan hidup dari mineral yang terkandung dari air hujan yang  jatuh dan pupuk yang terbuat dari daun daun ,kotoran burung atau serangga yang membusuk .serangga yang bertugas membantu perkawinan bunga anggrek di tarik dengan baunya yang harum semerbak,atau dengan warna warnidan bentuk yang menyerupai serannga tersebut,misalnya pada anggrek yang menyerupai kupu-kupu.selain itu,selain itu serangga yang kaki kakinya itu pernah berlumuri oleh benang sari bisa juga tergelincir ke kepala putik, sehingga membantu perkawinan antar anggrek dari cara tumbuh dan tempat tumbuhannya, tanaman anggrek sebenarnya memiliki syarat tumbuh yang sederhana namun, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam merawat anggrek, antara lain cahaya matahari, suhu, dan kelembaban udara. selain itu perlu di perhatikan jga tempat ia tmbuh, media tanam, kebutuhan air, zat hara ( pupuk ) dan juga pengendalian hama penyakit.  

Artikel Berikutnya :

Facebook Twitter Google+
Back To Top