Tips Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Kamis, 26 November 2015

Macam- Macam Anggrek Berdasarkan Tipe Pertumbuhan dan Cara Hidupnya

Macam-Macam Anggrek- Setelah pada artikel sebelumnya kita bersama-sama sudah membaca sejarah dan asal-usul anggrek. Kali ini admin akan mencoba memberikan informasi bagi sobat pecinta tanaman anggrek mengenai Macam-Macam Anggrek. Baiklah langsung saja, berikut ini macam-macam Anggrek Berdasarkan Tipe Pertumbuhan dan Cara Hidupnya.

A. Anggrek Berdasarkan Tipe Pertumbuhannya
Berdasarkan tipe pertumbuhannya, anggrek dibedakan menjadi dua macam, yaitu : 
  1. Anggrek mono podial adalah anggrek yang memiliki satu titik tumbuh atau batang nya tumbuh dari satu titik . Batang utama anggrek ini dapat memanjang terus-menerus hingga sangat panjang. Daun tumbuh di sepanjang  batang dan kuntum bunga muncul di sepanjang batang antara daun. Anggrek jenis ini diper banyak dengan setek batang atau dengan biji. contoh anggrek ini adalah aeride ,arachnis,phalaenopsis, renanthera,vanda dan vanilla.  
  2. Anggrek simpodial adalah anggrek yang banyak titik tumbuhnya. Anggrek jenis ini mampu membentuk rumpun karena banyak tumbuh tunas baru di sekitar batang utama. Pertumbuhan batang utama pada anggrek ini terbatas kuncup bunga.Phalaenopsis merupakan salah satu contoh anggrek monopdial. Muncul di tangkai bunga di masing-masing batang.batang-batang dsalam rumpun di hubungkan oleh akar tinggi ( rhizoma). Batang di sebut umbi semu atau bulbus karena mengandung air dan cadangan makanan. Contoh anggrek simpodial adalahcattleya, coelogyne, dendrobium, grammatophyllum, oncidium dan bullbophyllum. 
B. Aggrek Berdasarkan Cara Hidupnya
Berdasarkan cara hidupnya, anggrek dibedakan menjadi empat macam,yaitu epifit, litofit, terestris,dan saprofit. 
  1. Anggrek epifit adalah anggrek yang hidup menempel pada batang pohon lain tanpa mengganggu kehidupan pohon yang ditumpanginya karena anggrek jenis ini tidak mengambil zat-zat makan yang ditumpanginya. Anggrek jenis ini mendapatkan makan dengan mengubah air hujan dan karbon dioksida [udara] menjadi makanan melalui proses yang di sebut fotosintesis. Jika kita memelihara anggrekjenis ini, kita cukup menggantungkannya pada pohon. Kemudian, akar nya akan mengembara mencari air untuk dibuat makanan .sebagian  besar anggrek merupakan jenis anggrek ini .anggreke epifit. Anggrek jenis ini  membbutuhkan naungan dari cahaya matahari. Contoh anggrek epifit adalah aggrek di alam umumnya ditemukan menempel pada tumbuhan lain [epifit]. Dendrobium, vanda, phalaenopsis, dan taeniophyllum.
  2. Anggrek litofit adalah anggrek yang tumbuh pada batuan, tebing berkapur,atau atau tanah ber batu .anggrek jenis ini mendapatkan makan dari udara ,air hujan,humus, dan juga bagian tubuhnya yang telah mati .anggrek jenis ini tahan terhadap pancaran cahaya matahari terus menerus.Contoh anggrek  litofit adalah paphiopedium 
  3. Anggrek terestris atau terestarial adalah anggrek yang tumbuh di permukaan tanah. Oleh karena itu,anggrek ini di sebut juga anggrek tanah.anggrek ini mengambil makan dari tanah malalui akarnya dan membutuhkan sinar matahari langsung. Contoh anggrek terestis adalah spathoglottis, phaius, vanilla, macodes,dan ludisia. 
  4. Anggrek saprofit adalah anggrek yang mengambil makan dari sisa sisa mahluk hidup, seperti jamur. Hal ini karena anggrek jenis ini tidak berdaun sehingga tidak memiliki zat hijau dan ( klorofil ) yang dibutuhkan proses pembuatan makan ( fotosintesis) dengan mengambil makanan berupa sisa-sia mahluk hidup ,anggrek ini tidak perlu mengolah makanannya serta hanya membuatkan sedikit cahaya matahari. Contoh jenis anggrek saprofit adalah didymoplexis pallens. 
Artikel Berikutnya :
Ciri- ciri Bunga Anggrek
Facebook Twitter Google+
Back To Top