Tips Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Kamis, 17 November 2016

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Semua orang di dunia ini pastinya pernah melewati masa hidupnya dengan adanya jerawat di kulitnya. Penyebab munculnya jerawat karena penyumbatan terjadi sebagian, maka akan timbul bintil hitam, dan jika penyumbatan yang terjadi total, maka akan timbul bintil putih. Bakteri yang tumbuh di dalam pori-pori ini bisa menyebabkan penyumbatan dan kemudian menguraikan beberapa kemak di dalam minyak yang pada akhirnya bsia menimbulkan masalah iritasi kulit. Jerawat merupakan bintil hitam dan juga bintil putih yang mengalami iritasi. Jika infeksi dari iritasi yang terjadi pada jerawat semakin membruk, maka bisa berbentuk abses.

Penyebab munculnya jerawat adalah hormonal lain yang mengalami perubahan yang juga bsia menjadi salah sati faktor terjadinya jerawat. Hal ini biasanya terjadi pada saat menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, atau juga karena stress.

Makanan hanya sedikit memberikan pengaruh atau bahkan juga sama sekali tidak berpengaruh pada penyebab jerawat. Meskipun dari beberapa orang yang menderita jerawat beranggapan bahwa beberapa makanan bisa menjadi pemicu dari munculnya jerawat ini.

Dalam mengatasi masalah jerawat, sebaiknya jerawat jangan dipencet, karena bisa memicu terjadinya kerusakan pada kulit. Kulit yang rusak biasanya cenderung akan meninggalkan bekas luka yang awet atau permanen pada wajah. Jadi jangan pernah memencet jerawat, rawatlah kulit Anda sedini mungkin.


  1. Komedo: Komedo adalah penyumbatan pada pori-pori kulit, biasanya terdapat disekitar daerah hidung. Penyumbatan tersebut bias berupa penyumbatan terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka atau biasa disebut dengan kata blackhead, merupakan penyumbatan yang menyebabkan pori-pori terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup atau biasa disebut dengan kata whitehead merupakan kulit yang tumbuh di atas pori-pori sehingga menyebabkan sumbatan yang berbentuk sepeti tonjolan putih kecil. Penyebab komedo biasanya diakibatkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi minyak oleh kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.
  2.  Jerawat Biasa: Jenis jerawat ini mudah dikenal, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Terjadi karena pori-pori yang tersumbat terinfeksi oleh bakteri jenis propionibacterium acne. Bakteri ini biasanya hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yaitu di daerah tempat beradanya asam lemak pada kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit. Diberi nama propionibacterium karena mampu memproduksi asam propionik (propionic acid). Bakteri ini merupakan jenis anaerobik sehingga dapat hidup tanpa butuh oksigen, dan mempunyai ciri-ciri aerotolerant yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Bakteri yang menginfeksi bisa dari waslap, kuas make up, jari tangan, juga telepon. Stres, hormon dan udara yang lembap, bisa memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.
  3.  Jerawat Batu: Jerawat batu adalah bentuk paling parah dari acne vulgaris. Jerawat jenis ini sering berkembang pada wajah dan/atau area lain dari tubuh. Jerawat batu atau secara ilmiah disebut cystic acne, memiliki tekstur seperti benjolan yang berisi cairan di bawah permukaan kulit. Jerawat ini bisa sangat menyakitkan dan bahkan menyisakan bekas luka yang dalam.
Cara Menghilangkan Jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat
Berikut ini cara atau tips sederhana menghilangkan jerawat. Saya ga menjamin seratus persen hilang tapi dari banyak orang yang mencoba tips berikut bisa mengurangi jerawatnya.
  1. Mencuci muka minimal 2 kali sehari. Mencuci muka dapat membantu membersihkan wajah dari minyak, Jika kita jarang membersihkannya, maka bakteri penyebab jerawat akan hidup subur di wajah kita. Namun ingat..jangan mencuci wajah apalagi menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Cucilah wajah 2 kali sehari dengan menggunakan sabun yang lembut.
  2. Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak.secara alami wajah kita akan menmproduksi minyak, bahkan kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah hindarilah menggunakan kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.
  3.  Banyak mengkonsumsi Sayuran dan Buah-buahan. Sadar atau tidak pola makan sangat berpengaruh terhadap munculnya jerawat karenanya Pola makan untuk remaja diutamakan yang memiliki kandungan serat tinggi. Selain itu perlu juga untuk menambahkan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel, wortel, dan tomat.
  4. Cukupi Kadar Protein Kamu. Remaja juga perlu kadar protein yang cukup dan saya anjurkan untuk memilih tempe dan tahu. Mengapa tempe dan tahu, karena tempe dan tahu diduga mengandung estrogen, yaitu suatu hormon yang berfungsi untuk menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat dan mencegah kanker prostat. Hindari makanan berlemak dan berminyak jenuh (minyak yang sudah dipakai berkali-kali).
  5. Minum air putih 2 Liter Sehari. Hampir 70% kulit kita terdiri dari air, dengan minum air minimal 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.
  6. Tidur yang cukup dan teratur. Kulit juga sama seperti kita, butuh istirahat. Jadi biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena saat kita tidur, kulit akan beregenerasi dan membuang racun2 yang berbahaya sehingga saat kita bangun keesokan harinya kulit kita akan kebali segar.
Demikian informasi seputar Cara Menghilangkan Jerawat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda dan membantu menghilangkan masalah jerawat di wajah anda.

Selanjutnya :
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Air Garam
 
Facebook Twitter Google+
Back To Top