Tips Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Minggu, 03 April 2016

16 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk KesehatanBuah naga (Inggris: pitaya) adalah buah dari beberapa jenis kaktus darimarga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko,Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun sekarang juga dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina,Indonesia dan Malaysia. Buah ini juga dapat ditemui di Okinawa, Australia utara dan Tiongkok selatan. Hylocereus hanya mekar pada malam hari.

Pada tahun 1870 tanaman ini dibawa orang Perancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Oleh orang Vietnam dan orang Cina buahnya dianggap membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di antara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar. Warna merah buah terlihat mencolok di antara warna naga-naga yang hijau. Dari kebiasaan inilah buah itu di kalangan orang Vietnam yang sangat terpengaruh budaya Cina dikenal sebagai thang loy (buah naga). Istilah Thang loy kemudian diterjemahkan di Eropa dan negara lain yang berbahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).


Jenis Jenis Buah Naga

  • Buah Naga Putih
  • Buah Naga Merah
  • Buah Naga Kuning
  • Buah Naga Hitam
Dari empat jenis buah naga, dua jenis buah naga daging berwarna merah dengan kulit berwarna merah muda atau merah, dan dua jenis buah naga daging berwarna putih dengan kulit berwarna merah atau kuning. Keempat macam buah naga ini pada dasarnya sama-sama memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, hanya saja diantara masing-masing sedikit berbeda tingkat kandungan nutrisinya.

Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari, sama seperti buah apel.

16 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga
Berikut ini beberapa khasiat buah naga untuk kesehatan yang bisa Anda manfaatkan:

1. Mencegah Kanker

Kanker mrupakan salah satu jensi penyakit mematikan, sel kanker dapat tumbuh dimana saja. Untuk mengobati penyakit kanker salah satunya dilakukan dengan kemoteraphi, namun tentu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Apabila anda memiliki resiko penyakit kanker, sebaiknya anda memperbanyak mengkonsumsi buah naga karena buah naga dapat dijadikan sebagai obat pencegah kanker, hal tersebut karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah naga.

2. Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes atau sering disebut juga dengan kencing manis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah. Tidak hanya itu, diabetes juga merupakan penyakit keturunan. Apabila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya perbanyak konsumsi buah naga. Buah naga memiliki kandungan Vitamin B3 yang dapat memperkecil kemungkinan Anda menderita diabetes.

3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit berat yang cukup berbahaya. Jadi jangan pernah sepelekan penyakit yang satu ini. Buah naga mengandung Vitamin B3 sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kadar kolesterol tidak berlebih maka Anda dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan gangguan pada sistem peredaran darah dan jantung. 

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah naga dapat membantu menjaha kesehatan tulang. Kandungan kalsium dan forsor yang terdapat dalam buah naga cukup tinggi. Hal tersebut di ungkapkan oleh FAO yang merupakan badan PBB yang mengurusi masalah pangan.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga juga bisa menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena kandungan betakaroten yang tinggi yang dalam buah naga. Jika Anda bosan mengkonsumsi wortel, kini Anda bisa mengkonsumsi buah naga untuk membantu menyehatkan mata.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang rendah akan mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan sering terserang penyakit. Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi buah naga, karena kandungan vitamin c yang tinggi yang terdapat didalamnya. 

7. Membantu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan vitamin C yang tinggi, anti oksidan, flavonoid dan magnesium pada buah naga dapat melenturkan arteri pada tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat aliran darah menjadi lancar. Selain itu imbangi juga dengan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan dengan mengkonsumsi menu makanan yang sehat.

8. Bisa untuk Diet

Bgi yang sedang menjalani program diet, anda bisa mencoba menggunakan buah naga untuk asupan gizi anda sehari-hari. Buah naga terkenal kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Anda bisa mengontrol jumlah kalori anda dengan mudah menggunakan buah naga karena kandungan kalorinya yang cukup rendah. Anda juga tidak perlu khawatir akan cepat lapar karena kandungan serat yang dimiliki oleh buah naga cukup membuat anda kenyang.

9. Anti Aging

Sebenarnya khasiat buah naga tidak hanya untuk kesehatan saja, namun juga untuk kecantikan. Perawatan agar selalu tampil cantik dan awet muda memang membutuhkan dana yang cukup besar maka dari itu anda bisa mencoba menggunakan buah naga sebagai alternatif. Nutrisi yang dimiliki oleh buah ini dipercaya mampu untuk membersihkan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah jerawat.

10. Melancarkan Pencernaan

Khasiat buah naga yang paling dahsyat adalah membantu anda apabila sedang mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa membuah jus buah naga agar mudah dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan diusus.

11. Menjaga Kesehatan Gigi

Bila anda memiliki permasalahan gigi, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Cara termudah agar anda dapat mengkonsumsi buah naga adalah dengan cara membuat jus. Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi.

12. Untuk Mendeteksi Kandungan Boraks dan Formalin

Beberapa kasus penggunaan boraks dan formalin pada makanan sempat membuat cemas masyarakat. Bahan yang cukup berbahaya ini dicampurkan untuk bahan pengawet agar penjual tidak merugi jika dagangannya tidak habis terjual. Jika anda ingin melakukan ujicoba mendeteksi formalin pada tahu misalnya, anda dapat menggunakan ekstrak dari buah naga dan air untuk merendam tahu yang dicurigai mengandung formalin. Setelah anda mendiamkan setidaknya 15 menit anda bisa memasukkan kertas tisu pada rendaman tersebut, warna tisu akan menjadi merah.

13. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin merupakan langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda.

14. Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat buah naga merah yang pertama adalah dapat menjaga kesehatan kulit, jika kulit kita sehat maka sudah pasti akan terlihat tetap kenyal dan juga cantik. Oleh karena itulah, anda bisa mengkonsumsi buah ini sesering mungkin, sehingga kulit tetap sehat.

15. Menambah Nafsu Makan

Bagi anda yang nafsu makannya berkurang, maka bisa dengan mengkonsumsi buah naga yang berwarna merah ini. Jika dikonsumsi dengan rutin, nafsu makan anda pun jadi bertambah dan sudah pasti tubuh anda akan cepat gemuk.

16. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah naga merah yang keempat adalah dapat mencegah penuaan dini, penuaan dini ini memang sangat di takuti oleh sebagian orang, terutama wanita. Nah untuk mencegah hal ini, anda pun bisa mengkonsumsi buah naga sehingga tetap awet muda.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Buah Naga Yang dapat admin sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sahabat yang ingin menjaga kesehatan.
Facebook Twitter Google+
Back To Top