Tips Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Minggu, 03 April 2016

Manfaat Sayuran untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayuran untuk Kesehatan Tubuh - Mengkonsumsi sayur-sayuran terbukti bermanfaat sekali untuk kesehatan bagi tubuh. Sayur-sayuran kaya akan vitamin dan mineral. Zat ini berguna untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh dari serangan penyakit. 

Beberapa jenis sayuran tertentu mungkin memiliki keunikan tersendiri dalam hal kandungan nutrisinya, sehingga mengkonsumsi beraneka ragam sayuran setiap hari sangat dianjurkan untuk kesehatan yang optimal. Diantara sekian banyak jenis sayuran. Karena itu berikut ini kami pilihkan untuk anda, beberapa jenis sayuran terbaik yang mengandung nutrisi tinggi.

1. Bayam. 

Bayam terutama yang merah mengandung zat besi tinggi yang berkhasiat menambah darah. Selain itu, bayam juga mengandung vitamin A, B, C dan K, kalium serta fosfor.

Bayam juga mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat dan mangan. Manfaatnya untuk disentri, ambien, demam, melancarkan ASI, mengencerkan dahak, memperkuat kekebalan lever, mencegah penuaan dan mengandung antioksidan.

Asam folat pada bayam mampu memerangi kadar homosistein dalam darah penyebab jantung koroner.

2. Brokoli. 

Brokoli kaya serat yang dapat mencegah kanker saluran pencernaan, sembelit dan kanker kandung kemih. Brokoli mengandung kromimum yang penting untuk membantu kerja insulin, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mereka yang mengosumsi setengah mangkuk brokoli setiap minggu mampu menekan risiko kanker hingga 44%. Isothiochyanate pada brokoli memperlambat pertumbuhan sel kanker kandung kemih dan berpengaruh besar terhadap rusaknya sel kanker. Brokoli juga membantu menurunkan risiko gangguan jantung dan stroke.

3. Kubis. 

Kubis adalahSayuran yang terdiri dari lembaran daun hijau ini ternyata kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung akibat menurunnya level kolesterol di dalam tubuh. Vitamin C juga amat berguna dalam membangun sistem imun. Cobalah perbanyak makan kubis jika orang-orang di sekitarmu tengah terkena flu, demi menjaga kondisi badan. Sayuran ini amat mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket di sekitar tempat tinggalmu.

4. Buncis. 

Selain diolah menjadi masakan, buncis juga segar diolah menjadi jus. Jus buncis mampu mengontrol dan mencegah penyakit diabetes. Hasil uji klinis menunjukkan, di dalam buncis mengandung stigmasterol dan B-sitosterol. kedua zat ini mampu meningkatkan produksi insulin.

Insulin berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Seseorang akan mengalami diabetes melitus bila pankreas hanya sedikit menghasilkan insulin atau tidak mampu memproduksi sama sekali.

Mengosumsi buncis secara teratur juga akan menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan serat pada buncis mampu mencegah kanker saluran pencernaan, sedangkan kandungan mineral kalsiumnya bermanfaat untuk menguatkan tulang. Finalia Kodrati

5. Kecambah

Taburkan pada salad atau dimakan sebagai camilan, ini termasuk cara terbaik untuk mendapatkan nutrisi dari kecambah ini. Sayuran ini kaya vitamin C dan beberapa dosis kecambah segar bisa memberikan tiga perempat kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, kecambah juga mengandung vitamin A, B, dan E, juga kalsium, zat besi, dan kalium 

6.Wortel

Wortel terutama kaya akan antioksidan, vitamin dan serat makanan, namun hanya mengandung 41 kalori per 100 g, dan non lemak dan kolesterol. Sayuran berwarna oranye ini sangat dikenal kaya akan betakaroten dan vitamin A. 100 g wortel segar mengandung 8285 mg beta karoten dan 16.706 IU vitamin A. Penelitian telah menemukan bahwa senyawa flavonoid dalam wortel membantu melindungi kulit, paru-paru dan mencegah kanker rongga mulut. Hadirnya beta karoten dan Vitamin A yang tinggi dalam wortel akan melindungi kita dari radikal bebas, menyehatkan sistem reproduksi, pemeliharaan integritas epitel, pertumbuhan dan perkembangan, serta ketajaman penglihatan. vitamin C , menyediakan sekitar 9 % dari RDA . Vitamin C larut dalam air anti – oksidan. Ini membantu tubuh mempertahankan jaringan ikat yang sehat , gigi dan gusi . Properti anti – oksidan yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan kanker dengan pembersihan radikal bebas berbahaya .

Selain itu, sayuran ini juga sangat kaya akan kelompok vitamin B-kompleks, seperti asam folat, vitamin B – 6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat , dll , yang bekerja sebagai kofaktor untuk enzim metabolisme substrat didalam tubuh. Selanjutnya,ia juga cukup mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh(elektrolit), yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium.

Ternyata sayur-sayuran selain menarik juga memiliki manfaat masing-masing, sungguh luar biasa ciptaan-Nya, ayo perbanyak makan sayur dan buah untuk manfaat kesehatan.
 
Facebook Twitter Google+
Back To Top